Berita

Berita Angkasa

SMA Angkasa Maros

SMA Angkasa Maros

Sukses Karakter, Sukses Prestasi

Smangkasahnd, MAROS – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin Tahun Pelajaran 2023/2024 diigelar pada Senin-Senin, 17-24 Juli 2023 lalu.DYY04304_11zon.jpg

MPLS hari pertama, peserta didik baru disambut dengan tarian kreasi yang dibawakan oleh ekskul tari, kemudian dilanjutkan dengan apel pagi. Setelah itu, peserta didik baru menerima materi yang dipandu oleh pendamping gugus. Peserta menerima materi selama tiga hari.

Selanjutnya, peserta didik baru mengikuti uji kompetensi pada Jumat, 21 Juli 2023. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui karakteristik dan kondisi kompetensi peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik yang beragam.

Hari terakhir MPLS, peserta didik dikenalkan dengan berbagai ekskul yang ada di SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin dan perkenalan warga sekolah. Tak kalah pentingnya, yakni moment  penentuan kelas dan wali kelas. Untuk tahun ini, nama kelas untuk kelas X Kurikulum Merdeka di antaranya, Andromeda, Phoenix, Aquila, Pegasus, Orion, dan Hydra.

Smangkasahnd, MAROS – SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin menggelar Workshop Siswa “Pengembangan Karakter dan Bebas Perundungan” dengan mengangkat tema “Program dan Kebijakan Sekolah tentang Perundungan”. Berlangsung di Gedung Serbaguna Lanud Sultan Hasanuddin, pada Senin, 4 Desember 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk, meningkatkan kesadaran kepada siswa bahwa tindakan perundungan dan kekerasan termasuk tindakan pidana, menekankan perilaku yang baik, rasa simpati, dan empati kepada siswa di lingkungan sekolah, serta meningkatkan teknik untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.

Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri dari bidang psikologi dan dosen bahasa Universitas Fajar (Unifa). Di antaranya, Ananda Zhafira, M.Psi., psikolog yang membahas tentang Edukasi membangun kesadaran anti-perundungan dan pola hidup sehat di sekolah dan Basri, S.S., M.Pd. dengan materi pembentukan karakter dari perspektif bahasa/etika komunikasi.

WhatsApp_Image_2023-12-04_at_19.36.22.jpegKetua Panitia, St. Aas Mahari Basri melaporkan, ada sekira 648 siswa dari jumlah keseluruhan, kelas X, XI, dan XII yang mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bagus, kami ingin di sekolah tidak ada lagi budaya toxic. Siswa sudah dapat membedakan mana yang masuk kategori bully dan hanya sekadar bercanda. Semoga ke depannya kami dapat menggulirkan kegiatan serupa yang bermanfaat untuk siswa,” harapnya. (humas)

Smangkasahnd, MAROS – Salah seorang siswa kelas X SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin, M. Shafwan Syahrir menyabet juara 3 dalam event Bangkok International Supercup U15.

Shafwan mengaku tidak menyangka dapat menjuarai event bergengsi tersebut. “Alhamdulilah, Saya sangat bersyukur, sekolah memberikan izin kepada Saya untuk mengikuti event tersebut.” Ungkapnya.

Sebelum dinyatakan lolos, Shafwan mengikuti turnament bola memperebutkan Piala U15 Soeratin Regional Sulawesi Selatan di Lapangan Bhayangkara SPN Batua Makassar, pada 23 November lalu. “Posisi saya dalam tim sebagai kiper. Tim saya masuk ke babak final dan Saya tidak sempat lagi mengikuti babak tersebut, karena sudah ada panggilan Karantina di Jawa,” ucapnya.

Kepala SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin, Jusuf mengaku bangga atas prestasi yang dicapai salah seorang siswanya. “Kami berharap siswa yang lain juga dapat mengikuti jejak Shafwan. Bisa mengikuti kompetisi hingga ke tingkat internasional,” harapnya. (humas)

Smangkasahnd, MAROS – Siswa kelas X, Gilberto Wea Lakka berhasil menyabet juara 1 lomba nyanyi solo (putra) pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5) Tingkat SMA di Kabupaten Maros. Kegiatan ini merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Berlangsung di UPT SMA Negeri 3 Maros, Selasa-Rabu, 24-25 Oktober 2023.

SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin, mengutus perwakilan siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini, di antaranya ada lomba nyanyi solo (putra dan putri), puisi (putra dan putri), dan pameran P5. Osis/MPK SMA Angkasa juga turut serta.

Wakasek Kurikulum, Indawati mengatakan dari segi pameran P5 sangat bagus karena memberikan kesempatan siswa untuk menampilkan karya-karya siswa yang dihasilkan dari pembelajaran proyek, yaitu P5.

“Sementara, dari segi nyanyi solo juga tidak kalah bagusnya karena dengan lagu pilihan Proyek Pancasila membuat siswa menjadi tahu apa makna pembelajaran P5,” ungkapnya saat mendampingi siswa.

Kepala SMA Angkasa, Jusuf mengapresiasi siswa yang mengikuti kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan seperti ini sudah pernah digelar di sekolah dengan konsep Expo. “Tahun lalu kami sudah melaksanakan kegiatan serupa, hasil karya siswa berupa jajanan khas daerah yang sudah dimodifikasi kami pamerkan. Sasaran kami tahun lalu siswa SMP dan orang tua. Semoga pembelajaran P5 ini, siswa semakin kreatif dan dapat berpikir kritis,” harapnya. (humas)

Halaman 1 dari 10

Cari

Pengunjung

241465
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
96
239733
7943
241465

Your IP: 34.239.154.201
2024-02-26 04:55